Blogger Widgets

widget2

widget

Selasa, 11 Februari 2014

Inovasi tekhnologi ramah lingkungan

INOVASI TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN TERBARU

Seed Bomb



Sebuah konsep luar biasa untuk menghijaukan gurun pasir atau lahan yang tidak memiliki vegetasi yang cukup. Dengan menggunakan proyektil ini, benih dapat disebarkan melalui pesawat terbang. Setiap proyektil dilengkapi benih tanaman serta segala hal yang diperlukan tanaman untuk hidup pada kondisi yang ekstrim.

Nike Grind



Lebih dari 25 juta pasang sepatu dikumpulkan Nike dari seluruh dunia. Sepatu bekas ini diolah dan diubah menjadi lapisan permukaan berbagai lapangan olah raga seperti basket, tennis, volley, dan area permainan anak- anak di seluruh dunia. Bayangkan berpa banyak natural resources yang dapat dihemat dengan konsep ini.

Naked Can

Sebuah konsep jenius dari Harc Lee. Sebuah kaleng minuman dari aluminium tanpa penambahan cat apapun. Informasi dan merek dibuat timbul (emboss) atau terulir (engrave). Dengan kaleng seperti ini akan ada banyak energi yang digunakan dalam pembuatan cat, pengangkutan cat, proses pengecatan, dan pengeringan cat dapat dihemat.

Sumur resapan komunal Tjandramukti



Sering kali kita melupakan keberadaan air tanah kita, dengan temuan orang Indonesia ini, permasalahan tersebut sedikit banyak dapat terselesaikan. Sumur- sumur dari bambu yang ditanam secara komunal ini adalah rekayasa dari Tjandramukti, peneliti dari Purwodadi (Jawa Tengah). Sumur- sumur ini ditempatkan dalam jumlah yang cukup saling berdekatan/ berkelompok di lahan pertanian (tadah hujan). Gunanya agar air hujan (hujan awal) tidak mengalir ke selokan- selokan, tapi mengalir terlebih dahulu masuk ke sumur, dan meresap ke sekeliling sumur, menekan jebakan udara di permukaan tanah kering yang menyebabkan air hujan sulit masuk ke dalam tanah. Setelah jebakan udara hilang, air hujan selanjutnya akan leluasa meresap ke dalam tanah, tertampung menjadi air tanah hingga musim kemarau dan mencegah banjir bandang yang justru sering terjadi di awal musim hujan.

Toilet tank bank


[IMG]http://smallidea.files.wordpress.com/2010/04/l_280.jpg?w=189&h=300[/IM
G]

Ide sederhana untuk menghemat air. Kantong seharga USD 1,25 ini digunakan untuk mengurangi kapasitas dari bak penampungan air untuk menyiram pada toilet kita, terutama untuk toilet tipe lama yang tidak memiliki alat pengukur air (air untuk menyiram pipis dan air besar). Kantong ini dapat diisi air, dan digantung di dalam bak penampungan, dan dengan tepat akan


mengurangi 0,8 galon air yang akan digunakan untuk menyiram.

Smellfree Compost Bin







Sebuah konsep dari Joe Brunton. Tempat sampah ukuran mungil ini dapat diletakkan di dapur Anda, dan dapat berfungsi sebagai composter (alat membuat kompos). Tempat sampah ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat menyaring gas- gas berbahaya dan bau yang ditimbulkan dari proses pembuatan kompos. Dengan solusi ini, tempat pembuangan sampah akhir yang saat ini sudah kepenuhan akan memiliki waktu lebih panjang sebelum mencapai titik maksimal.

Manga Farming



Manga adalah majalah bergambar berukuran sangat tebal yang menjadi favourit warga Jepang. Majalah ini terbit secara berkala sehingga manga- manga lama akan menumpuk memenuhi ruangang- ruangan sempit yang dimiliki oleh warga Jepang akibat mahalnya sewa dan harga rumah. Pilihan terkhir adalah dibuang ditempat sampah. Seorang seniman dari Jepang memiliki konsep yang luar biasa dalam memanfaatkan manga bekas tersebut sebelum akhirnya dibuang, konsepnya di beri nama Manga Farming, di mana majalah lama tersebut digunakan sebagai media tumbuh dari tanaman- tanaman yang dapat dimakan seperti bahan untuk salad.

Cargoshell

Pernah lihat truk pengangkut container hilir mudik dengan memuat sebuah kontainer besar yang kosong, bila sebuah mobil mengangkut lebih dari satu kontainer, penghematan bahan bakar dapat dilakukan. Dengan inovasi sederhana namun orisinal dari perusahaan Belanda ini, sebuah truk dapat mengangkut dua atau lebih kontainer kosong.

Balon udara pembangkit listrik tenaga angin

Proyek ini dinamai M.A.R.S. Floating Wind Generator, berbentuk seperti balon udara berisi helium tanpa awak, yang mampu berputar karena aliran angin di ketinggiaan sekitar 1000 feet. Putaran tersebut akan menggerakkan bgenerator guna mengsilkan listrik. Konsep ini akan mampu menghasilkan listrik dari sumber yang terbarukan dan mampu menghemat banyak biaya karena tidak memerlukan struktur bangunan yang mahal seperti pada pembangkit angin konvensional.

0 komentar:

Posting Komentar