Blogger Widgets

widget2

widget

Minggu, 12 Januari 2014

Cutting Process

        Proses-proses cutting

 

a.       Blanking

Proses pemotongan sheet metal dengan tujuan untuk mendapatkan hasil potongnya atau blank. Sisanya akan dibuang sebagai sampah atau disebut scrap skeleton.

 

b.      Cutting atau Cuttoff

Cutting merupakan proses pemotongan satu atau beberapa bagian dari suatu part. Sisa pemotongan dibuang sebagai scrap.

 

c.       Trimming

Trimming merupakan kelanjutan dari proses drawing yaitu proses pemotongan sisa material yang tidak berguna untuk mendapat ukuran akhir yang dibutuhkan. Proses trimming akan meninggalkan bagian yang tidak berguna atau scrab.

 

d.      Notching dan Seminotching

Notching adalah proses pemotongan pada bagian pinggir material / part, biasanya pada progressive dies. Dengan pemotongan tersebut, part berangsur terbentuk walaupun masih menempel sedikit pada scrab skeleton.

 

e.      Parting

Parting adalah proses pemisahan suatu part menjadi 2 bagian atau beberapa bagian dari sheet metal strip sehingga menghasilkan part yang dikehendaki. Pada proses parting terjadi scrap yang tidak terpakai.

 

f.        Piercing

Piercing adalah suatu proses pemotongan untuk mendapatkan lubang dan sering disebut sebagai proses punching. Lubang yang dihasilkan bisa bulat atau bentuk lainnya, tergantung dari bentuk punch nya. Pada proses piercing terdapat scrap.

 

g.       Perforating

Perforating adalah proses membuat lubang dalam jumlah yang banyak secara berulang-ulang. Lubang-lubang tersebut bisa untuk keperluan dekorasi, saluran gas, saluran udara maupun cairan.

 

            h.  Shearing

Shearing adalah pemotongan sheet metal coil atau sheet metal lembaran yang menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan shear cutting machine. Hasil pemotongan akan menjadi material untuk proses selanjutnya, katakanlah proses drawing atau forming.

 

i.         Forming

Forming adalah istilah umum untuk proses pembentukan. Forming dapat diartikan sebagai proses drawing yang tidak dalam, sehingga dapat terbentuk tanpa adanya blank holder. Contour pada proses forming berupa produk 3 dimensi.

 

j.        Bending

Proses pembentukan yang lurus disebut bending. Ada 3 jenis proses bending, yang dikenal sebagai : V – bend, U – bend, dan wiping – bending.

 

k.       Drawing

Forming yang cukup dalam sehingga proses pembetukannya memerlukan blank holder dan air cushion / spring untuk mengontrol aliran dari material. Untuk bentuk produk yang tidak beraturan diperlukan “bead” untuk penyeimbangan aliran material. Menggunakan steel sheet khusus proses drawing dan menggunakan mesin press hidrolik.

 

l.         Restriking

Proses lanjutan dari proses drawing untuk menyempurnakan bentuk produk untuk mendapatkan bentuk produk akhir yang diinginkan dan hanya dilakukan pada bagian tertentu saja.

 

m.    Burring

Pembetukan flange pada lubang disebut burring. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat bagian tepi dari lubang atau untuk tujuan membuat ulir. Untuk sheet metal yang tipis proses ini bisa dibuat bersamaan dengan proses piercing. Proses ini sering juga disebut sebagai hole flanging.

 

n.      Crimping

mendapatkan bentuk dan ukuran produk akhir diperlukan beberapa kali proses drawing. Blank holder mutlak diperlukan dan hanya dapat diproses pada mesin press hidrolik dan mempergunakan jenis sheet metal khusus untuk deep drawing.

 

 

o.      Flanging

Proses bending yang tidak lurus tetapi mengikuti bentuk produk/part yang bersangkutan. Proses ini dimaksudkan untuk memperkuat bagian sisi dari produk aau untuk alasan keindahan.

 

p.      Stamping/coining

Stamping digunakan untuk membuat huruf, simbol atau bentuk lainnya dengan proses cold forging. Pressing capacity yang diperlukan lebih besar.

 

q.      Embossing

Embossing adalah proses pembentukan (forming) untuk tujuan dekorasi, pembentukan bead untuk mengatur aliran material pada proses drawing dan rib sebagai penguat dari produk/part.

 

r.        Curling dan wiring

Curling adalah proses pengerolan sheet metal part yang rata atau bulat untuk meningkatkan kekuatan dari part tersebut atau agar bagian tersebut tidak tajam. Bila pada proses ini ditambahkan kawat sebagai penguat maka disebut wiring.

 

s.       Hemming

Hemming adalah proses pelipatan atau bending pada bagian tepi pada sheet metal produk dengan tujuan untuk memperkuat, menghilangkan bagian yang tajam dan memperbaiki estetika dari produk tersebut. Bila proses ini dimaksudkan untuk menyambung 2 part, maka istilah menjadi seaming.

 

t.        Swaging

Proses pembentukan pipa dengan tujuan untuk memperkecil diameter pipa dari diameter asalnya. Proses ini memerlukan mesin khusus, yang disebut swaging machine.

 

u.      Expanding

Proses pembentukan pipa sehingga hasilnya lebih besar dari diameter awalnya. Untuk mencapai dimensi yang dikehendaki, kadang-kadang diperlukan beberapa kali proses expand. Bila proses ini dilakukan pada mesin press hidrolik, maka umur punch akan lebih panjang.

 

Proses ini merupakan proses bending dengan tujuan untuk menyatukan kabel listrik pada kepala terminal dari sheet metal yang umumnya brass atau copper.

v.      Shaving

Proses mrnghilangkan burr pada suatu lubang untuk mendapatkan ukuran yang lebih teliti serta halus permukaannya. Pada proses ini hampir tidak terjadi proses pemotongan, dan dilakukan untuk material yang tebal dan tanpa clearance antara punch dan die

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar